Tinggalkan Komentar Anda


Friday, November 16, 2012

Sumber Daya Manusia di Kecamatan Tehoru


Sumber Daya Manusia adalah potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya. Manusia merupakan subjek sekaligus objek dari pembangunan, sehingga keberhasilan pembangunan suatu daerah dapat tercemin dari seberapa besar peningkatan kwalitas manusia di daerah tersebut, kemajuan pembangunan manusia secara umum dapat di tinjaukan dengan melihat perkembangan Indeks pembangunan manusia (IPM) yang meng cerminkan capaian kemajuan di bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi. 


                                Gambar : Sumber Daya Manusi yang berkualitas

Dapat dilihat angka IPM tiap tahun di Kabupaten Maluku Tengah terjadi kemajuan. pada tahun 2009 terlihat bahwa angka IPM (Indeks Pembanguanan Manusia) Kabupaten Maluku Tengah mengalami peningkatan menjadi 70. 32 akan tetapi, untuk level kecamatan IPM datanya tidak disajikan, sehingga IPM hanya menggambarkan kondisi sampai level Kabupaten.

*** Tahukah Anda
  1. pembangunan sumber daya manusia lambat di kecamatan Tehoru menurut data Badan pusat Statistik Kabupaten Maluku Tengah.
  2. sebagian penduduk di Kecamatan Tehoru Tinggal di daerah pedesaan dengan mata pencarian Petani dan Nelayan  
  3. Jumlah keluarga pra serjahtera pada tahun 2010 di Kecamatan Tehoru berdasarkan hasil pendataan Keluarga Berencana mencapai 757.


                                sumber gambar : Kecamtan Tehoru dalam angka 2011

Dari hasil pendataan keluarga berencana untuk Kecamatan Tehoru, persentasi keluarga pra sejahtera adalah 10 %, presentasi  keluarga sejahtera I adalah 24,27  % Presentasi keluarga sejahtera II 62 %, presentasi kelurga sejahterah III adalah 4, 88 % dan presentasi keluarga sejahtera III+ adalah 4, 14 %. Dari data tersebut dapat digambarkan tingkat ekonomi masyarakat di Kecamatan Tehoru tergolong dalam ekonomi menengah


Sumber  : 
               1.   Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Maluku Tengah.
               2.   Koordinator Statistik Kecamatan Tehoru.






0 komentar:

Post a Comment