Tinggalkan Komentar Anda


Friday, September 4, 2015

Adat Istiadat Masyarakat Seram Selatan


Adat Istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan turun-temurun dari generasi satu kegenarasi lain sebagai warisan sehingga intgrasinya dengan pola perilaku masyarakat.

Timbulnya adat berawal dari usaha orang-orang dalam suatu masyarakat di daerah yang menginginkan terciptanya ketertiban di masyarakat. Adat istiadat adalah tata kelakuan yang kekal dan turun temurun dari generasi ke generasi sebagai warisan sehingga kuat hubungan dan penyatuannya dengan pola – pola perilaku masyarakat.
Jadi Adat istiadat dalam kehidupan masyarakat dapat diartikan sebagai berikut :
  1. Sekelompok orang yang hidup dengan tradisi dan budaya – budaya tertentu, adat istiadat yang sudah ada sebelumnya, yang tidak terpengaruhi oleh perubahan zaman karena mereka merasa cukup dengan kehidupan dan penghidupan yang mereka jalani secepat apapun evolusi kebudayaan pada masa tersebut.
  2. Masyarakat yang kehidupannya masih dipegang teguh oleh adat istiadat lama yang mereka miliki. Yang dimaksud adat istiadat disini adalah adanya suatu aturan baku mencangkup segala konsep budaya yang di dalamnya terdapat aturan terhadap tingkah laku dan perbuatan manusia dalam menjalani kehidupan.

Sumber : 
Kamus Besar Bahasa Indonesia


Lokasi: Teluk Ambon, Kota Ambon, Maluku, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment