Tinggalkan Komentar Anda


Saturday, September 12, 2015

Ekonomi Perdesaan Masyarakat Tehoru

Koperasi Atau Unit Kerja Masyarakat Belum Efektif

Pemberdayaan kelompok masyarakat menjadi hal utama untuk mendorong masyarakat berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa di segala aspek. Selain itu pemberdayaan memalui kelompok penting untuk menolak segala bentuk bantuan atau kerjasama yang tidak menguntungkan ekonomi desa. Kelompok masyarakat perlu dilakukan pemberdayaan secara intensif karena berperan utama dan aktif di desa, untuk menyumbang kuatnya basis ekonomi desa sebagai unsur meningkatkan pertumbuhan potensi ekonomi desa. Dimana pertumbuhan ekonomi mampu mengurangi kemiskinan terutama lapisan masyarakat desa yang mempunyai pemikiran yang masih sulit dirubah dan memiliki kecenderungan segala sesuatu harus sesuai adat istiadat dan warisan nenek moyang. Sehingga perubahan pemikiran dan teknologi masih sangat sulit diterima masyarakat pedesaan. Padahal apabila masyarakat desa memiliki pemikiran modern dengan segala keterbukaan maka tingkat kesejahteraan masyarakat desa lebih tinggi dari masyarakat perkotaan karena desa memiliki kekayaan alam dan berbagai potensi yang tidak dimiliki masyarakat kota. 

Namun sayangnya sumber daya alam yang dikelola di desa Tehoru masih belum dikatakan efektif karena metode yang digunakan dalam penanaman dan perawatan masih mengunakan cara lama yang hanya diketahui turun temurun dari generasi kegenerasi akibatnya hasil panen pun tidak terlalu memuaskan sehingga nilai jual pun menurun.

Kondisi ini juga diperparah dengan tidak adanya perhatian yang serius dari pemerintah desa untuk mengembangkan potensi masyarakat, setidaknya membentuk UKM atau koperasi sehingga masyarakat di desa bisa mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang menanam yang baik dengan cara memberikan sosialisasi agar masyarakat semakin paham cara menanam dan merawat tanam yang baik dan  efektif sehingga kualitas pertanian bisa terjamin serta bermutu.


Sumber :
1. Opini Penulis

0 komentar:

Post a Comment