Tinggalkan Komentar Anda


Thursday, October 15, 2015

Negeri Tehua Kecamatan Telutih

 Mohon maaf karena tidak ada gambar negeri Tehua jadi saya gunakan gambar saya aja.
A. Defenisi Negeri Tehua


Negeri tehua adalah salah satu negeri adat tertua di teluti,bersama tiga Negeri adat lainnya yaitu teluti baru,Negeri Hatu dan Negeri Haya.proses pencalonan raja  dari mata rumah pemerintah dari mata rumah tehuayo putih atau mahuputi,sebelum pelantikan kenarahan oleh bupati  calon raja memasuki rumah adat oleh pemuku adat tarian cakalele sebagai tarian adat mengeringi sang calon raja sampai di tempat Yang sudah di siapkan untuk pelantikan dan pengambilan sumpah loh bupati kemudian raja sebagai kepala pemerintah melaksanakan tugas dan pengabdian dan memerdayakan masyarakat dalam pembangunan demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.


B. Pelantikan Raja Tehua


Pada 22 Februari 2014 lalu, Bupati Malteng, Tuasikal Abua resmi melantik Hasan Tehuayo sebagai Raja Negeri Tehua menggantikan Ferhat Tehuayo. Pelantikan mantan kepala Pemuda Negeri Tehua itu sebagai raja berlangsung di depan kantor Pemerintahan Negeri Tehua. 

Sebelum pelantikan rangkaian ta­rian adat mengiring proses pelantikan ter­sebut. Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Pamahanunusa itu disambut tarian selamat datang dan tarian cakalele. Tarian dibawakan oleh gabungan pe­muda dari Negeri Tehua dan Negeri Hattu yang merupakan pela dari Negeri Tehua.


Pelantikan yang sudah dinantikan masyarakat Tehua sejak beberapa bulan ini berlangsung hikmat. Pelantikan juga dihadiri sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Malteng.
Ribuan warga Negeri Tehua dan sejumlah desa tetangga di Pulau terselatan di Malteng ini bergabung dengan ratusan warga dari negeri bersaudara, seperti pela Negeri Wasu, pela  Negeri Hatu dan Negeri Haya, menyaksikan prosesi pelantikan.


Bupati dalam sambutanya mengatakan, kepala pemerintahan yang baru dilantik diharapkan dapat merangkul semua pihak yang berseberangan untuk dapat bersama-sama melaksanakan pembangunan serta menjaga stabilitas keamanan di tingkat desa. Karena akhir-akhir ini banyak terjadi konflik antar warga serta desa di Malteng.


Sumber  :

1. Catatan Tugas Kuliah sudari Tati

2. Kabar Timur.com


 

0 komentar:

Post a Comment