Tinggalkan Komentar Anda


Friday, March 11, 2016

Informasi Ilmiah Air Panas Alami Di Tehoru


Wisata Pemandian Air Panas PAPANATOLU


Masyarakat Tehoru dan sekitarnya telah berbondong-bondong meramaikan salah satu lokasi wisata yang boleh dibilang telah ada sejak dulu namun sekarang barulah di ekspos ke luar daerah. Melalui blog ini anda akan mengetahui tentang objek wisata terbaru yang di tandai dengan manifestasi (kemunculan ) panas bumi di negeri ini (Tehoru Manise), yang kata masyarakat setempat menyebutnya dengan ''air mandidih papanatolu".


Sedikit Informasi Ilmiah dan Sains tentang Air panas Papanatolu. Secara Astronomis,lokasi air panas papanatolu terletak di wilayah Desa Tehoru,Kecamatan Tehoru-Kab.Maluku Tengah, dan secara geografis terletak pada koordinat 129° 23' 45" – 129° 34' 3.3" BT  dan 3° 18' 39.85"– 3° 28' 24.94"LS. Pada Catatan (dalam Penelitian Geologi dan Geothermal), dengan menganalisis Mineral batuan yang terdapat di sekitar dan di dalam sumber mata air panas  tersebut melalui Hasil uji instrumen Fourier Transformation Infra Red (FTIR),Laboratorium Fisika Zat Padat, FMIPA Unpatti Ambon , memberikan informasi kepada kita bahwa air panas papanatolu ini terjadi akibat adanya pemanasan batuan  (batuan beku -andesit, granit) jauh di bawah perut bumi melalui aktvitas tektonik aktif dari sesar-sesar yang berkembang di daerah ini yang kemudian merespon keluar. 

Selain itu yang  dapat ditemukan di daerah prospek panas bumi Tehoru yaitu adanya kemunculan sekelompok mata air panas yang telah di ukur suhu permukaannya yaitu berkisar antara 90,4-97,4 derajat celsius... !! (bayangkaaaan, sangat panas kaan? hmm,,, mendekati batas maksimum titik didih 100 derajat looh) tak ketinggalan nilai pH (Derajat keasaman/kebasahannya yaitu 9,, wooowwwww... nih air sdh masuk kategori basa (bahaya juga,,, hehe,, sudah melebihi pH murni (7).. dengan konduktivitas (daya hantar listriknya) juga bisa di bilang tinggi (10.362-13.452 ┬ÁS/m.) Dengan demikian dapat disimpulan bahwa Air panas papantolu Tehoru dapat berpotensi sebagai lapangan panas bumi (PLTU). 


Sekilas mengenai data2 ilmiah, oh yaa,, ada hal unik lainnya yang dapat menarik perhatian anda, yaitu dengan panorama alam di sekitar lokasi air panas ini yang di dukung dengan kenampakan alamnya yang tersusun atas tebing-tebing yang melingkupi aliran sungai wae Yapana. sehingga secara alamiah sudah terpilah antara air kategori panas sekali (hot), hangat,(pancampuran air panas dengan air sungai) dan juga dingin (langsung berendam di sungai).. hmm,,, ada juga air terjunnya lohh... hehehe,, datang dan terapi tubuh anda di sini...!! 

Sumber:  myblogsila.blogspot

0 komentar:

Post a Comment